Tips Memilih Template Blogger Gratis Premium

Tampilan blog harus dibuat senyaman mungkin supaya pembaca betah. Bayangkan jika seseorang mengunjungi blog yang acak-acakan, pasti kesulitan untuk membacanya dan akan segera pergi.

Tenang, biasanya blog yang baru dibuat akan diarahkan menggunakan template blogspot standar, tapi terkadang kita kurang puas sehingga menginginkan template lain.

Kita bisa menggunakan template gratis atau berbayar. Keuntungan menggunakan template blogspot gratis adalah bisa didapatkan secara cuma-cuma namun minim fitur dan terdapat kredit pembuat. Sedangkan template blogspot berbayar memiliki banyak fitur premium yang tidak ada di tempate gratis.

Template Responsive / Mobile Friendly

Template Responsive adalah tampilan blog yang cepat menyesuaikan ukuran perangkat atau browser yang digunakan. Sedangkan mobile friendly sama dengan responsif, hanya saja lebih memprioritaskan pengalaman pembaca yang menggunakan perangkat smartphone Android, iPhone, atau tablet.

Tersusun Dari 2 Kolom

Blog dengan tampilan 2 kolam lebih umum dan digemari. Biasanya kolom pertama berisi posting-an blog, kolom kedua sebagai sidebar berisi widget. Template 2 kolom sangat mudah ditemukan, baik versi gratis dan berbayar. Template 1 kolom biasanya digunakan untuk landing page, kurang cocok untuk blog karena terlalu lebar.

Clean

Template yang bersih lebih nyaman untuk dikunjungi. Hindari penggunaan widget yang tidak perlu, seperti slideshow gambar, musik, kalender atau jam. Pilihlah warna yang soft dan tidak terlalu meriah. Hindari menggunakan warna template yang kontras secara bersamaan seperti biru dan merah.

Ringan

Halaman blog yang ringan lebih disukai mesin perambahan Google. Kecepatan blog ditentukan oleh template, versi gratis biasanya kinerja kurang maksimal dengan tambahan fitur yang memberatkan karena bekerja di latar belakang. Sedangkan template premium berbayar biasanya kinerja sudah dimaksimalkan oleh developer sehingga bekerja secara maksimal, efektif dan efisien.

Struktur Data

Template dengan struktur data yang baik dan benar akan mempermudah Google membaca, melacak, dan meng-index posting-an pada blog. Jika blog mudah ditelusuri Google dampaknya membuka peluang tampil di halaman pertama pada hasil pencarian. Dengan demikian berpotensi mendapatkan pembaca yang banyak. Untuk mengecek struktur data gunakan aplikasi Google Structured Data Testing Tool.