Pengertian Kerja Remote, Keuntungan, dan Kekurangannya

Pernahkah Anda mendengar istilah Remote Working? Dalam bahasa Indonesia artinya kerja jarak jauh, biasanya dilakukan secara daring.

Semenjak pandemi Covid-19 melanda dunia, kerja jarak jauh kian populer. Selama pandemi di Indonesia digunakan istilah Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Meski menggunakan istilah berbeda, nyatanya hampir sama dengan Remote Working

Pengertian Remote Working

Remote Working adalah metode kerja untuk sebuah perusahaan kepada para karyawannya yang dalam bekerja tidak memerlukan kehadiran fisik atau datang ke kantor.

Biasanya orang bekerja harus hadir di tempatnya bekerja untuk menjalankan aktifitas seperti tugas perusahaan, absensi, dan laporan pekerjaan. Memang tidak semua perusahaan dan karyawan bisa menerapkan Remote Working, seperti perusahaan tambang, karyawan pabrik, pekerja konstruksi, dan lainnya.

Dalam kerja jarak jauh karyawan ataupun pemilik perusahaan tidak perlu hadir secara langsung di kantor perusahaan tempat mereka bekerja. Namun perusahaan yang menerapkan kerja remote biasanya akan memberikan ruang untuk bekerja bersama lengkap dengan fasilitas penunjang untuk pekerjaan seperti latop, wifi, dan handphone untuk memperlancar pekerjaan.

Untuk jam kerja biasanya sama dengan kerja normal lainnya yaitu 8 jam sehari dalam 5 hari kerja atau 7 jam sehari untuk 6 hari kerja. Selebihnya akan dihitung kerja lembur (overtime).

Yang membedakan antara keduanya adalah efektifitas. Jika pada kerja normal karyawan akan dituntut untuk mengikuti jam kerja kantor namun kerja jarak jauh lebih dituntut pada efektifitas.

Siapa saja yang bisa kerja jarak jauh? kebanyakan kerja remote didominasi oleh para programer, desainer grafis, illustrator, dan animator. Namun tidak menutup kemungkinan untuk pekerjaan lainnya yang tidak harus hadir secara fisik di kantor.

Keuntungan Remote Working

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam kerja remote. Misal Anda dapat menyelesaikan pekerjaan 4 jam dalam sehari maka sisa waktu Anda bisa digunakan untuk blogging atau menjadi freelancer karena seharian Anda bekerja di depan layar komputer atau laptop.

Mendapat gaji dan benefit yang sama seperti karyawan yang kerja normal. Jika Anda kerja remote dengan perusahaan luar negeri maka gaji yang didapatkan akan jauh lebih besar dibanding perusahaan lokal.

Kekurangan Remote Working

Kerja remote juga ada kekurangannya terutama pada jenis atau bidang pekerjaan. Tidak semua bidang pekerjaan bisa dilakukan dengan kerja remote.

Selain itu dalam kerja remote juga memiliki tantangan pada koordinasi. Karyawan yang bekerja di perusahaan yang menerapkan kerja remote haruslah paham dengan penggunaan teknologi untuk memperlancar dalam koordinasi dengan rekan atau atasan di perusahaan.

Kerja remote terkadang membuat garis waktu istirahat dan bekerja menjadi samar. Banyak karyawan yang masih bekerja meskipun jam kantor sudah lewat. Bahkan ada karyawan yang masih dihubungi oleh atasannya ketika diluar jam kerja atau saat larut malam.

Lebih lamaTerbaru