Perbedaan Hand Lettering, Calligraphy, dan Typography

Bagi orang awam dunia huruf pasti bingung dengan istilah hand lettering, calligraphy, dan typography. Istilah tersebut berkaitan dengan bagaimana huruf tersebut dibuat, ditata, dan disusun.

Begini Perbedaan Hand Lettering, Calligraphy, dan Typography.

Hand Lettering

Hand Lettering merupakan seni menggambar huruf secara manual, khususnya dengan menggunakan tangan dan alat-alat yang bisa digunakan untuk membuat hand lettering.

Calligraphy

Sedangkan Calligraphy merupakan seni menulis dengan sekali goresan atau istilah kerennya single stroke. Calligraphy menempatkan penekanan pada estetika seperti ketinggian, ketebalan, dan ketipisan garis.

Typography

Typography adalah bentuk seni visual yang mengatur dan menata huruf dengan pengaturan agar menarik secara visual. Dalam typography melibatkan ukuran, panjang garis, spasi huruf, kerning, dan lainnya.

Sebagai catatan: Hand lettering merupakan seni menggambar/mengilustrasikan huruf; Calligraphy adalah seni menulis huruf; sedangkan Typography adalah seni menggunakan, mengatur huruf dengan cara jelas, mudah dibaca, dan menarik secara visual. Yang perlu diingat perbedaan diantara ketiganya adalah pada prosesnya, bukan pada hasil akhirnya.