Pantai Ngobaran Gunungkidul

Biasanya berwisata ke pantai hanya untuk menikmati suasana alamnya yang indah dan asri, maka ketika berkunjung ke Pantai Ngobaran kita akan mendapatkan hal yang lebih.

Di Pantai Ngobaran yang terletak di Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kita bisa menyaksikan perpaduan wisata alam, budaya dan sejarah yang berada disatu kawasan.

Pantai Ngobaran memiliki pasir putih, namun garis pantainya cukup sempit. Jika dilihat secara utuh, Ngobaran didominasi tebing karst yang menghadap ke Samudera Hindia. Untuk bermain pasir, kita harus menuruni beberapa anak tangga.

Ketika menuruni anak tangga di pinggir tebing karst, kita akan menyaksikan lanskap pantai yang terhampar rumput laut dan diapit batu karang.

Dari segi daya tarik budaya dan sejarah, Pantai Ngobaran terdapat bangunan menyerupai pura yang menghadap laut dan cerita mite mengenai Brawijaya V.

Pada area pura terdapat beberapa patung yang berwarna putih, dan sebuah tulisan yang dipahat menyerupai prasasti yang menyebutkan bahwa kompleks pura tersebut dibangun sebagai tanda jika Pantai Ngobaran adalah lokasi moksa Brawijaya V keturunan Raja Majapahit.

Sebagai objek wisata, fasilitas di Pantai Ngobaran cukup lengkap. Terdapat warung makan, toilet, dan parkir yang luas.

Untuk masuk ke Pantai Ngobaran, setiap pengunjung dikenakan retribusi Rp5000 yang sudah termasuk tiket masuk Pantai Ngrenehan dan Pantai Nguyahan.

Daftar Lengkap Pantai Gunungkidul