Saparella, Minuman Soda Merek Lokal yang Legendaris

Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Selain terkenal akan tempat wisatanya, Yogyakarta juga memiliki beragam kuliner khas dan lezat yang dapat membekas di lidah para penikmatnya. Tidak heran banyak yang kembali berkunjung untuk menikmati dan melepas rindu suasana di Kota Pelajar ini.

Ada satu minuman khas Yogyakarta yang tak banyak orang tahu. Minuman ini adalah Saparella, minuman bersoda merek lokal yang melegenda. Jika Anda berkunjung di Jogja jangan sampai melewatkan minuman soda lokal ini.

Saparella terbuat dari bahan alami yaitu tanaman dengan nama latin Smilax Aristolochiifolia dan campuran air berkarbonasi. Rasa yang dihasilkan dari minuman saparella ini cukup unik, dengan rasa manis, smriwing, dan khas aroma jamu.

Tidak hanya itu kemasan minuman soda lokal ini juga cukup unik, botol kecil dengan bentuk bulat dan lebar di bawahnya, mirip lampu bohlam atau botol kaca yang dipangkas.

Pada tahun 1960an minuman ini cukup populer dan selalu dihidangkan saat acara besar seperti pernikahan dan hajatan lainnya. Namun minuman bersoda ini mulai turun pamor karena banyaknya minuman bersoda jenis lain.

Akibatnya banyak produsen minuman soda lokal ini gulung tikar. Saparella adalah merek yang dibuat oleh Indo Saparella yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta.

Saparella bisanya dijadikan minuman pendamping saat makan ataupun saat bersantai. Satu botol Saparella dengan dicampur es batu merupakan paduan yang pas untuk dinikmati saat siang hari yang terik.